Search

Our Activities

Assessment of Legal Needs of Village Communities

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan Pemberdayaan Hukum terhadap masyarakat desa, pada 24-25 Oktober 2023, Indonesia Judicial Research Society (Gladys Nadya dan Siti Ismaya) dan Yayasan PEKKA (Nunik Sri Harini), telah melakukan kegiatan “Asesmen Kebutuhan Hukum Masyarakat Desa” di Desa Jangkar, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Pada kegiatan tersebut, perwakilan tim peneliti IJRS dan Yayasan PEKKA juga didampingi oleh 3 (tiga) warga lokal yang juga tergabung dalam Serikat PEKKA di Bangkalan.

Kegiatan asesmen kebutuhan hukum ini bertujuan untuk memetakan kebutuhan hukum masyarakat khususnya di Desa Jangkar, sehingga pelaksanaan Pemberdayaan Hukum nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan hukum masyarakat di Desa Jangkar. Pada kesempatan ini, perwakilan tim peneliti IJRS dan Yayasan PEKKA yang didampingi oleh Serikat PEKKA, melakukan asesmen kepada 30 (tiga puluh) responden dari warga lokal di Desa Jangkar dengan menggunakan metode survei berdasarkan kuesioner pertanyaan asesmen yang telah disusun sebelumnya.

Asesmen kebutuhan hukum ini melingkupi aspek permasalahan hukum yang dialami, penyelesaian permasalahan hukum, dampak dari permasalahan hukum, kemampuan hukum masyarakat, persepsi tentang proses hukum, hingga kebutuhan peningkatan kesadaran hukum.

#BantuanHukum #Desa #MasyarakatDesa #KebutuhanHukum

Share:

Other Activities:

INGGRIS
Beyond Self-Laundering Investigating and Prosecuting Third-Party Money Laundering in Indonesia
English-IJRS
Importance of Community Awareness in Preventing Sexual Violence
Inggris-Cover
Training on Legal Aid Service Standards for Legal Aid Organizations related to Vulnerable Groups Against the Law
Action-for-Climate-Empowerment
Action for Climate Empowerment