Search

Kegiatan Kami

Diskusi Online Bung Hatta Anti Corruption Award “Efektivitas Tim Pemburu Koruptor”

Belum lama ini rakyat Indonesia dihebohkan oleh kemunculan jejak Djoko Tjandra, terdakwa kasus korupsi hak tagih Bank Bali yang buron sejak tahun 2009, yang diketahui mendatangi kantor kelurahan Grogol Selatan, DKI Jakarta pada 8 Juni 2020 untuk membuat KTP elektronik. Sungguh merupakan hal yang mengherankan bagaimana seorang buronan yang jejaknya tidak diketahui selama 11 tahun ini dapat melakukan perekaman data untuk KTP elektronik bahkan hingga membuat paspor.

Kemunculannya di instansi pelayanan publik ini juga dilaporkan tidak diketahui petugas yang berwenang dan saat itu bertemu dengan Djoko Tjandra, bahkan catatan buronnya tidak ada dalam sistem. Buah dari insiden ini adalah dicopotnya tiga jenderal polisi atas dugaan turut memuluskan pelarian Djoko Tjandra. Kasus buron kontroversial lainnya yang terjadi pada tahun ini adalah kasus pelarian Harun Masiku yang terhitung sudah 6 bulan buron. Pelariannya ini juga tidak tanpa adanya dugaan keterlibatan oknum-oknum yang membantu memuluskan jalan ini, bahkan ICW menilai keengganan KPK untuk serius mencari dan menahan Harun Masiku.

Untuk itu, diselenggarakanlah sebuah diskusi online dengan tema Efektivitas Tim Pemburu Koruptor (29/7/2020) oleh Bung Hatta Anti Corruption Award melalui Live on Facebook. Pembicara dalam diskusi online ini terdiri dari :

  1. Siska Trisia (Direktur Bidang Akses Keadilan Indonesia Judicial Research Society) dan
  2. Lalola Easter Kaban (Peneliti Indonesia Corruption Watch)

Tujuan dari diskusi online ini adalah :

  1. Menambah kelengkapan pemahaman mengenai problem yang dihadapi instansi penegakan hukum dalam upaya mencegah kaburnya tersangka, terdakwa atau terpidana kasus korupsi maupun menangkap buronan kasus korupsi;
  2. Tersebarnya pengetahuan mengenai polemik dalam proses penegakan hukum kasus korupsi dan meningkatnya kesadaran dan rasa kritis masyarakat akan persoalan hukum Indonesia.

Bagi Anda yang belum sempat menyaksikan diskusi online tersebut,  masih dapat menyaksikan diskusinya pada laman Facebook Bung Hatta Award di :

https://www.facebook.com/watch/live/?v=906123989884622&ref=watch_permalink

Bagikan:

Kegiatan Lainnya:

2024.07
Diseminasi Hasil Penelitian “Asesmen Penerapan Pedoman Kejaksaan terkait Penanganan Perkara Narkotika (Pedoman 11/2021 dan Pedoman 18/2021) oleh Kejaksaan di Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta”
1 (2)
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Advokat terkait Undang-undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual
1
Diseminasi Pembaruan Hukum Acara Pidana Pasca Berlakunya KUHP 2023
4
Asia Pacific Network: Peer Learning Experience