Indeks Akses Terhadap Keadilan di Indonesia 2019

BUKU-INDEKS-AKSES-TERHADAP-KEADILAN-DI-INDONESIA-2019-IJRS

Download Buku

Terciptanya akses terhadap keadilan yang setara masih menjadi tantangan dalam pembangunan di Indonesia. Indonesia, melalui konstitusinya menjamin bahwa semua orang memiliki kesempatan dan hak yang sama di mata hukum, hal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD). Maka, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Indonesia telah menetapkan beberapa kebijakan nasional terkait akses terhadap keadilan seperti Strategi Nasional Akses terhadap Keadilan (SNAK) 2016-2019 dan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN). Selain itu, dalam tataran global sudah tercantum dalam Sustainable Development Goals 16.3 dalam pencapaian akses terhadap keadilan bagi semua.

Indeks akses terhadap keadilan diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai kondisi akses terhadap keadilan di Indonesia secara komprehensif. Konsorsium Masyarakat Sipil (IJRS, ILR dan YLBHI) bekerja sama dengan Bappenas dengan dukungan International Development Law Organization (IDLO) dan Kedutaan Kerajaan Belanda menyusun Indeks Akses terhadap Keadilan untuk pertama kalinya di Indonesia. Pada uji coba penyusunan indeks ini, Konsorsium juga bekerja sama dengan mitra di 5 (lima) provinsi yaitu Somasi NTB di Nusa Tenggara Barat (NTB), Perkumpulan Bantaya di Sulawesi Tengah, Perhimpunan Bantuan Hukum Keadilan dan Perdamaian (PBHKP) Papua Barat di Sorong dan LBH Pekanbaru di Pekanbaru, Riau.

Hasil pengukuran indeks akses terhadap keadilan tersebut telah dituangkan dalam buku berbahasa Indonesia “Indeks Akses terhadap Keadilan di Indonesia 2019” dan buku berbahasa Inggris “Index of Access to Justice in Indonesia in 2019”. Hasil buku ini bisa menjadi bahan masukan bagi penyusun kebijakan serta masyarakat sipil dalam melakukan evaluasi dan penyusunan kebijakan untuk pemenuhan akses keadilan di Indonesia.

Versi Bahasa Inggris dapat didownload di bit.ly/A2JBook