Siti Ismaya (Ismaya) merupakan lulusan program sarjana Ilmu Hukum, Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera tahun 2022, dengan peminatan Ilmu Hukum Pidana. Saat ini Ismaya menjabat sebagai Asisten Peneliti di IJRS. Dalam melaksanakan program kerja, Ismaya akan terlibat dalam penelitian “Pertanggungjawaban Pidana Korporasi” dan “Asesmen Implikasi RKUHP terhadap KUHAP dan RKUHAP”. Selain itu, Ismaya juga akan terlibat dalam beberapa program penyusunan kebijakan, yakni “Pedoman Kejaksaan tentang Diskresi Penuntutan”, “Pedoman Keadilan Restoratif (Restorative Justice)”, dan “Peraturan Pemerintah tentang Mediasi Penal”.

Saat menjadi mahasiswa, Ismaya dan rekannya pernah mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Bebas Korupsi di Universitas Gadjah Mada pada isu sistem peradilan berjudul “Pendekatan Forensik Digital Dalam Penanganan Kejahatan Korupsi di Sektor Kehutanan di Indonesia”. Ismaya juga telah menyelesaikan skripsinya yang berjudul “Tindak Pidana Persetubuhan terhadap Anak: Diskursus dan Implementasi Kebijakan Kebiri Kimia di Indonesia”.

Sebelum menjadi Asisten Peneliti di IJRS, Ismaya pernah magang di Divisi Kepaniteraan Hukum Pengadilan Negeri Slawi pada Juli-Agustus 2020. Selain itu, Ismaya juga pernah magang di Divisi Penanganan Kasus Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBH Masyarakat) pada September 2021-Juli 2022.

ismaya@ijrs.or.id

Pendidikan

Sarjana Hukum, Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera

Program

Program penelitian

  • Asesmen Implementasi PED 11/2021 Narkotika di Wilayah Kejati DKI Jakarta
  • Implementasi UU No.21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang
  • Disparitas Pidana Perkara Kekerasan Seksual

Program penyusunan kebijakan

  • Rancangan Perubahan Peraturan Jaksa Agung Nomor: PER-014/A/JA/11/2012 tentang Kode Etik Perilaku Jaksa
  • Rancangan Peraturan Kejaksaan mengenai Jaksa dan/atau Penuntut Umum dalam Melaksanakan Tugas dan Wewenangnya Dapat Bertindak Menurut Penilaiannya

Program lainnya

  • Sosialisasi PED 11/2021 Narkotika kepada Organisasi Advokat dan Organisasi Bantuan Hukum
  • Aktivitas Kelompok Kerja Restoratif Justice