Nanda Oktaviani (Nanda) merupakan lulusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia tahun 2015. Minatnya dalam penelitian (khususnya kuantitatif) membuat Nanda bergabung menjadi peneliti di IJRS. Ketertarikan Nanda dengan penelitian kuantitatif dan data, menjadikan Nanda memiliki fokus dalam pengembangan metode penilitian kuantitatif yang dilakukan oleh IJRS.

Selama berkarir sebagai peneliti ilmu sosial dan hukum, pengalaman Nanda pernah terlibat dalam penyusunan indeks akses terhadap keadilan di Indonesia. Pada penyusunan indeks ini, Nanda tergabung sebagai tim peneliti dalam Konsorsium Masyarakat Sipil yang terdiri dari Indonesia Judicial Research Society, Indonesian Legal Roundtable dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia dengan berkolaborasi bersama Bappenas RI.

Selain penyusunan indeks tersebut, Nanda juga tergabung sebagai tim peneliti dalam penelitian survei kebutuhan hukum di Provinsi Lampung dan Sulawesi Selatan. Nanda juga ikut turut serta dalam penyusunan pedoman pemidanaan tindak pidana korupsi di Mahkamah Agung RI.

Saat ini, Nanda juga terlibat dalam advokasi pelaksanaan indeks akses terhadap keadilan selanjutnya dengan Bappenas RI serta penyempurnaan modul Hansos dengan BPS RI berdasarkan indeks akses terhadap keadilan dan survei kebutuhan hukum. Terakhir, Nanda juga terlibat dalam advokasi pelaksanaan bantuan hukum dalam kerangka survei kebutuhan hukum dengan BPHN.

Pendidikan

Bachelor in Sociology Science, Faculty of Social and Politic Science, University of Indonesia, (2015)

Program / Penelitian

  1. Survei Kebutuhan Hukum di Indonesia – Provinsi Lapung dan Sulawesi Selatan (Desember 2018-September 2019)
  2. Indeks Akses terhadap Keadilan di Indonesia (Juni 2018 – November 2019)
  3. Pengembangan Pedoman Pemidanaan untuk Tindak Pidana Korupsi Pasal 2 dan Pasal 3 (2019)
  4. Indeksasi Tuntutan Tindak Pidana Korupsi (2019)
  5. Layanan Publik Kejaksaan Negeri Jakarta Barat (2018)