Meyriza Violyta (Mey) merupakan lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Bengkulu pada tahun 2015. Semasa kuliah, ia aktif menjadi sekretaris umum dalam himpunan mahasiswa peradilan semu, dan menjadi anggota BEM Fakultas Hukum Universitas Bengkulu.

Saat ini Mey bekerja sebagai peneliti IJRS dan aktif dalam beberapa riset dan advokasi di bidang hukum. Selama berkarir sebagai peneliti hukum, Mey pernah terlibat dalam penelitian terkait isu kekerasan seksual di Indonesia, salah satunya survey Sense of Justice terhadap Kasus Kekerasan Seksual. Mey juga aktif dalam advokasi #GerakBersama dengan koalisi perempuan dan sempat terlibat dalam gerakan koalisi #amnestiuntuknuril dan #keadilanuntukjonidanjeni bersama dengan LBH APIK.

Selain itu, Mey juga terlibat dalam penelitian Implementasi Pro Bono di Indonesia, penelitian Pola dan Prevalensi Korupsi Pengadilan di DKI Jakarta, dan penyusunan kurikulum Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi di Indonesia bersama dengan PUKAT UGM. Mey juga pernah terlibat dalam penyusunan buku Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum di Mahkamah Agung. Bahkan Mey juga pernah menjadi salah satu fasilitator dalam Pelatihan Pendamping Perempuan Berhadapan dengan Hukum guna mensosialisasikan buku pedoman tersebut. Mey juga pernah mengikuti lokakarya dan mentoring menarasikan cerita perubahan yang diselenggarakan oleh Tempo Insitute.

Saat ini Mey turut serta dalam penyusunan pedoman kejaksaan mengenai penanganan perkara pidana yang berkaitan dengan perempuan bersama dengan Kejaksaan Agung. Mey juga terlibat dalam penyusunan buku pedoman pemantauan perkara perempuan berhadapan dengan hukum. Selain itu,  Mey saat ini juga terlibat dalam riset kelembagaan dengan Bappenas dan kembali terlibat dalam penelitian pro bono, khususnya terkait dengan pengembangan sistem e-probono.

Pendidikan

Sarjana Ilmu Hukum Universitas Bengkulu (2015)

Penelitian

  1. Pelaksanaan Diversi terhadap Anak Yang Berkonflik dengan Hukum (2015)
  2. Survey Sense of Justice terhadap Kasus Kekerasan Seksual (2016)

Publikasi

Buku

  1. Pola dan Prevalensi Korupsi Pengadilan di DKI Jakarta (2017)
  2. Modul Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi di Indonesia (2017-2018)
  3. Implementasi Pro Bono di Indonesia (2018)
  4. Pedoman MengadilI Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum (2018)
  5. Cerita Perubahan (2018)
  6. Pedoman Pendamping Perempuan Berhadapan dengan Hukum (2019)
  7. Pedoman Pemantauan Perma No. 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan dengan Hukum (2020)