Apa Kabar Indonesia Malam – Tv One Jerinx : Bui Akhir Cuitan “IDI kacung WHO”

Dio Ashar (Direktur Eksekutif IJRS) menjadi salah satu narasumber di Apa Kabar Indonesia Malam – TV One (13/08/2020) untuk membahas masalah Jerinx : bui akhir cuitan “IDI kacung WHO”.

Dio menyampaikan : “walaupun saya pribadi tidak setuju sikap Jrx dalam isu Covid ini. Tapi saya merasa pemberian pidana dengan UU ITE tidak tepat. Penggunaan Pasal 28 ayat (2) untuk menjerat Jerinx atas postingan yang dibuatnya jelas tidaklah tepat dan menyalahi makna dari ketentuan tersebut. Ketentuan tersebut pada dasarnya hanya dapat digunakan untuk menjerat ekspresi-ekspresi yang termasuk ke dalam kategori penghasutan untuk melakukan suatu tindakan kebencian/kekerasan/diskriminasi berdasarkan SARA”.

Tidak hanya penggunaan Pasal 28 ayat (2) UU ITE terhadap Jerinx yang tidak tepat, penggunaan Pasal 27 ayat (3) tentang pencemaran nama baik juga sama sekali tidak berdasar. Pasal 27 ayat (3) dalam penerapannya haruslah mengacu kepada ketentuan Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP yang mengatur mengenai pencemaran terhadap individu.

Jika ingin tahu lebih jauh bisa cek ke rilis pers IJRS dan Koalisi Masyarakat Sipil di bit.ly/SemuaBisaKena